Blue Mountains

Blue Mountains adalah wilayah pegunungan yang terletak di daerah New South Wales. Pada sejarahnya Blue Mountains sudah dihuni oleh suku Gundungurra Aborigin beberapa ribu tahun silam, yang sekarang diwakili oleh Gundungurra Tribal Council Aboriginal Corporation, yang berbasis di Katoomba. Ini adalah organisasi nirlaba yang mewakili suku Gundungurra sebagai pemilik tradisi, mempromosikan warisan dan budaya Gundungpura.

Perjalanan ke Blue Mountains bisa ditempuh dengan mobil ataupun kereta, atau anda bisa ikut tour yang biasanya diadakan oleh travel, jadi anda tidak perlu pusing memilih moda transportasi yang akan di gunakan. Anda tinggal duduk manis saja dan agen travel yang mengurus semuanya.

Kami memilih untuk menggunakan moda transportasi kereta. Untuk menuju Blue Mountains dengan menggunakan city rail (kereta api) cukup mudah. Kita  bisa naik dari Central Sydney station menuju station Katoomba. Kereta berangkat sekitar 30 menit sekali. Untuk tiket bisa langsung beli atau kita menggunakan mymulti day pass (tiket terusan yang bisa kita pakai untuk berbagai macam moda transportasi), yang kami beli untuk seminggu seharga 60AUD.

my-multi-card

Perjalanan dari Central Sydney station menuju station Katoomba ditempuh sekitar 2jam. sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan hijau pohon, ilalang dan daerah peternakan sapi.

Sesampainya di station Katoomba , suhu udara menunjukan 10 derajat C, begitu dingin. Meski terletak di daerah tinggi pegunungan station katoomba begitu bersih.

 

Katoomba adalah suburb dari Blue Mountains, dimana biasanya banyak turis yang menggunakan kereta api untuk menuju Blue mountains melalui katoomba. Jalan utama Katoomba dipenuhi oleh toko dan cafe. Sepanjang perjalanan di Katoomba kita akan merasakan suasana klasik, yang menjadi daya tarik kota ini.

 

Dari katoomba perjalanan menuju Echo point bisa di tempuh dengan Bus, taxi, atau jalan kaki, kami saat itu memilih menggunakan taxi.

100_2765

Echo Point adalah suatu area yang khusus diperuntukan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam Blue Mountains dan Three Sisters. Three Sisters sebenarnya adalah formasi batu berbentuk unik. Sedikit berbincang tentang sejarah, konon jaman dahulu, Three Sisters adalah tiga putri bersaudara yang disihir menjadi batu demi melindungi mereka selama peperangan, namun apadaya, sang penyihir ternyata tewas dalam perang, sehingga tak bisa mengubah mereka kembali menjadi manusia. Sebelumnya, konon, para wisatawan diperbolehkan untuk mendaki Three Sisters, namun sekarang, rupanya pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak menaiki Three Sisters dengan alasan pelestarian. Tetapi, jangan khawatir, berjalan menurun ke bawah, pengunjung akan menemukan jembatan penghubung ke Three Sisters, bahkan disediakan spot yang sangat indah di bawah Three Sisters untuk sekedar duduk atau berfoto. Selain itu, wisatawan dapat melihat pemandangan rain forest yang terhampar di sekeliling Three Sisters.” – sumber google

Three sisters dan spot untuk berfoto yang disediakan untuk turis.

 

Panorama Blue Mountains

img_2770img_2793img_2786img_2785img_2783img_2768img_2792img_2769

4 thoughts on “Blue Mountains

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s