Beda Negara Beda Aturan

Sebelum mengunjungi suatu negara, tidak ada salahnya kita mempelajari sedikit tentang negara tersebut. Baik dari budaya, aturan dan hukum yang berlaku, agar kita tidak mendapat masalah nantinya.

Beda negara beda aturan, beda kota beda aturan juga dan sebagai wisatawan kita harus mematuhinya walau kadang peraturan itu terasa aneh buat kita . Bagaimanapun sebuah peraturan dibuat bukannya tanpa alasan. be a smart traveler ūüôā

ini dia beberapa peraturan dibeberapa kota dan negara dari berbagai sumber :

1. Larangan tongsis dan selfie

–¬† Korea¬† selatan

Korea Selatan baru saja mengeluarkan larangan penggunaan tongsis. Seperti dikutip dari AFP, tongsis dianggap bisa mengacaukan sinyal sehingga mengganggu radio polisi atau bahkan pesawat.

Hukuman yang ditimpakan bagi traveler yang menggunakan tongsis bisa mencapai 3 tahun penjara. Namun jangan khawatir karena ada tongsis yang sudah bersertifikat aman yang dijual dan boleh digunakan di negara ini. Bagi traveler, ada baiknya membeli tongsis yang sudah dianggap aman saja jika ingin menggunakannya saat liburan ke Korsel

Prancis

Kali ini bukan tongsis, tapi selfie. Pantai La Garoupe di Antibes, ada beberapa zona yang tidak memperbolehkan pengunjungnya selfie selama berada di sana. Alasannya? Karena bisa mengganggu kenyamanan pengunjung lain yang memang ingin liburan dan menikmati suasana pantai. Tidak main-main, ada polisi yang lalu-lalang untuk mengawasi tingkah para traveler. “Holiday Spam Police” akan mengingatkan, bahkan bisa menghukum traveler yang melanggar peraturan tersebut. Pada dasarnya, peraturan yang berlaku di sini adalah “No Braggies Zone” atau yang berarti area bebas pamer. Traveler dianjurkan untuk fokus menikmati keindahan pantai

Amerika Serikat

Lake Tahoe di California, AS menjadi salah satu tempat untuk melihat kehidupan beruang lebih dekat. Tempat ini seharusnya jadi objek wisata edukasi yang menyenangkan dan aman. Namun seiring dengan berkembangnya tren masa kini, Lake Tahoe pun jadi tak terlalu aman lagi.Banyaknya pengunjung yang ingin selfie dengan latar belakang beruang membuat pihak pengurusan Lake Tahoe mengeluarkan imbauan baru. Mereka kini melarang traveler untuk selfie dengan para hewan, terutama beruang, demikian ditengok dari situs resminya. Karena tingkah beruang tak bisa ditebak dan dengan tindakan selfie ini bisa dianggap mengusik hewan tersebut

Spanyol

Semenjak ada kasus peserta hampir terluka akibat selfie dengan banteng, pihak penyelenggara festival pun membuat peraturan baru. Kini, tak ada yan boleh selfie selama menjadi peserta di Pamplona Festival.Festival berbahaya ini melibatkan beberapa banteng dan ribuan orang berpakaian putih merah yang mengejar atau dikejar banteng ke sekeliling Pamplona, Spanyol. Saat belum ada tren selfie, ada saja peserta yang terluka.

Nah kini, kemungkinan peserta terluka lebih besar karena mementingkan selfie dibanding menyelamatkan diri. Tahun lalu, peserta yang selfie sesaat banteng dilepas harus membayar denda sebesar USD 4.500 atau yang setara dengan Rp 56 juta.

2. Larangan memberi tip

Argentina

para pelayan di negara ini tidak mengharapkan tip dari pengunjung. Justru pemberian tip akan menyeret kita pada masalah hukum. “Di Argentina, tip itu ilegal. Namun, jika ada orang asing yang tidak sengaja memberikan tip maka diperbolehkan,”

Rumania dan Jepang

Dikedua negara ini pemberian tip dianggap tindakan merendahkan

3. keharusan memberi tip

Sementara itu di Uni Emirat Arab, Anda justru harus memberikan tip di mana pun, seperti pelayan restoran hotel, dan pekerjaan jasa lainnya. Hal ini serupa dengan negara Amerika Serikat, Kanada, Qatar, Mesir, dan Meksiko.

4. Srilanka

Negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Buddha itu menetapkan aturan tersendiri pada patung-patung buddha yang terdapat di daerah wisata di negara tersebut. salah satunya adalah tak boleh berpose sembarangan di area pemujaan yang tentu saja termasuk di dalamnya patung-patung Umat Buddha. Di SriLanka Berpose sembarangan di Area pemujaan sama saja melanggar undang-undang yang melarang menghina agama seseorang di dekat atau di dalam tempat pemujaan.

 5. Venesia (dilarang memberi makan merpati)

Kota seribu kanal, Venesia punya banyak taman kota. Di taman-taman inilah, burung merpati berterbangan. Anda boleh saja bermain atau memegang mereka, namun jangan sekali-kali memberi makan! Ini akibat resahnya pemerintah setempat dengan kotoran burung di jalanan Venesia. Denda pun menanti bagi turis yang kedapatan memberi makan burung merpati.

6.  Athena (dilarang mengenakan sepatu hak tinggi)

Di kota tua Athena, Yunani, turis wanita dilarang mengenakan sepatu hak tinggi. Pemerintah setempat melarang keras hal ini, terutama saat Anda berkunjung ke situs-situs bersejarah di kota tersebut.Bukan tanpa sebab, ini karena sepatu hak tinggi bisa merusak bangunan bersejarah yang tersebar di Athena.

7.  Portugal (dilarang buang air kecil di laut) 

Ini adalah larangan serius: dilarang buang air kecil di laut Portugal. Hal ini untuk menjaga kebersihan pantai, sehingga turis lain pun nyaman bermain.Sebelum main di pantai, ada baiknya buang air kecil terlebih dahulu di toilet. Kalau ada turis yang ketahuan pipis di pantai, siap-siap ditindak pidana!

8. Thailand (dilarang Selfie underboob) 

Pemerintah Thailand akan melarang perempuan mengambil foto selfie yang menunjukkan bagian bawah payudara. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal ‚Äėcabul‚Äô yang menyebabkan kepanikan publik. Perempuan yang ketahuan melakukan hal ini, akan diberikan sanksi hukuman lima tahun penjara.

9. Qatar (Larangan memakai Legging)

Tahun lalu, Qatar mengeluarkan dekrit bahwa legging tidak dianggap sebagai celana dan tidak cocok dikenakan di tempat umum. Di negara dengan aturan Islam yang ketat ini, penggunaan legging adalah sesuatu yang tidak pantas.Bahkan, organisasi Qatar Islamic Cultural Center telah menulis daftar berisi saran dan tips cara berpakaian yang sopan untuk wisatawan. Hal ini guna menyambut persiapan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

10. Florida AS (Dilarang terjun payung bagi wanita single)

Di Negara Bagian Florida, AS, ada peraturan aneh bin ajaib. Perempuan yang single alias belum menikah, tak boleh terjun payung di hari Minggu.Sanksinya tak main-main. Masyarakat ataupun turis yang melakukan hal tersebut di Hari Minggu akan masuk penjara!

11. Vatikan (aturan berpakaian)

Vatikan menjadi salah satu tempat yang dianggap suci. Sehingga, ada aturan yang mengharuskan wisatawan memakai pakaian tertutup. Jika terlanjur berpakaian minim, wisatawan akan diminta membeli syal dan celana agar bisa masuk ke Vatikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s